WR III : Ekosistem Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa Unand harus Tetap Dibangun Meskipun Disituasi Sulit

09 April 2021


Padang (Unand) – Wakil Rektor III Universitas Andalas Ir. Insannul Kamil, Ph. D mengatakan ekosistem kreativitas dan inovasi mahasiswa harus tetap dibangun bersama-sama meskipun disituasi sulit.

Hal tersebut disampaikannya pada saat pemberian anugerah pengumuman pemenang Kompetisi Nasional – Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN-MIPA), Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI), National University Debating Championship (NUDC) dan MTQ tingkat Universitas Andalas pada Kamis (8/4) di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Dikemukakannya kegiatan ini sudah direncanakan pada akhir tahun lalu dengan rasa optimisme yang sangat tinggi mengalahkan pandemic, yang hari ini masih dihadapi secara bergotong-royong untuk segera keluar dari situasi yang memang sulit bagi semua, bagi dunia dan bagi peradaban pada hari ini.

Ia mengucapkan selamat kepada semua peserta kompetisi dan kepada semua pemenang baik KN-MIPA, KDMI, NUDC dan MTQ yang telah berpartisipasi dalam ajang ini, semoga dengan adanya kegiatan ini akan memantik motivasi dan semangat mahasiswa lainnya agar juga terlibat dalam even ini.

“Meskipun dalam suasana pandemic covid 19 ini, Universitas Andalas terus berupaya meningkatkan dan menguatkan ekosistem kreativitas dan inovasi mahasiswanya dengan melangsungkan empat lomba tingkat universitas yang juga dilombakan secara nasional tiap tahunnya,” ujar WR III. 

Kegiatan ini, merupakan tahun pertama dilaksanakan secara blended untuk semua pemenang ditingkat universitas pada masa pandemic yang peminatnya lebih banyak dibandingkan tahun- tahun sebelumnya.

Sementara itu, Ketua panitia Dr. Fivi Melva Diana, SKM, M. Biomed mengatakan pelaksanaan kompetisi ini dilaksanakan secara online yang diikuti 1.000 mahasiswa dengan 75 kategori juara dan selesai kurang dari 30 hari yang dipimpin langsung oleh wadek III dilingkungan Universitas Andalas dengan total hadiah lebih dari 50 juta.

Lebih lanjut, disampaikannya pendaftaran kompetisi dmulai pada 26 Februari sampai 24 Maret 2021, pelaksanaanya dimulai pada tanggal 1 Maret sampai 28 Maret 2021 dan hari ini dilangsungkan pemberian anugerah kepada para pemenang. 

Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya jumlah peserta lomba yang mengikuti kompetisi ini mengalami peningkatan yang signifikan seperti MTQ yang diikuti 198 peserta sedangkan tahun sebelumnya 118 mahasiswa.

Kemudian, KDMI yang diikuti sebanyak 45 tim pada tahun sebelumnya 37 tim , KN-MIPA peminatnya 696 orang dimana tahun sebelumnya 281 orang, dan NUDC diikuti 19 tim sedangkan tahun sebelumnya 15 tim.

Humas dan Protokol Unand

KN MIPA 2021