Jilannisa Hanifa Mahasiswi Unand Tembus Finalis Challenge Ani-Goe, Ayo Like Gaess..

26 April 2021


Padang,—Jilannisa Hanifa, Mahasiswa semester 2 Prodi Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas berhasil menjadi finalis  “Challenge! Ani-Goe-Lomba Karangan dan Sulih Suara Bahasa Jepang”.

Lomba Chelenge diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Jepang Indonesia di Jakarta. Pengumuman tersebut dikeluarkan tanggal 23 April 2021 kemaren di halaman facebook Embassy of Japan Jakarta

Berhasil terpilih menjadi 4 finalis dari 200 peserta dari seluruh Indonesia membuat Jilannisa sangat antusias walaupun untuk jadi pemenang utama masih memerlukan perjuangan hingga ke 30 April 2021 nanti.

Karena kata Jilannisa Hanifa Kedubes Jepang merelease video finalis ke masyarakat dan memberi kesempatan viewer mendukung dengan cara memberi “like” pada youtube masing-masing finalis.

 

Jilannisa yang memakai nama J. Uchiha sebagai seiyu (voice actor), dan pada video kali ini berkolaborasi dengan seiyu Zaikuza mengatakan bahwa durasi video yang disiapkan panitia sangat singkat, yaitu 44 detik saja, sehingga menjadi tantangan tersendiri untuk mengekspresikan tema besar “Meraih Mimpi” yang telah ditentukan.

“Ganbareba Dekiru!” adalah judul yang ia pilih untuk kompetisi Ani-Goe (sulih suara untuk animasi) kali ini, karena ia sangat menyukai makna phrase milik bangsa Jepang.

“Makanya “kita akan berhasil jika kita terus berusaha tanpa kenal menyerah’, ujarnya. Video dengan Ani-Goe karya kami ini menggambarkan suasana dua orang muda yang punya impian untuk pergi keliling dunia, ingin belajar keluar negeri untuk menambah ilmu demi memajukan negeri tercinta, walau hal tersebut selalu dikatakan “mustahil” oleh orang-orang sekitar.kami,”ujar Jilannisa Hanifa 24/4-2021.

“Tetapi pada video itu mereka tidak mau menyerah dan akan terus maju untuk mewujudkan impian mereka,” ujar Jilannisa menjelaskan.

“Semangat pantang menyerah ini sangat diperlukan oleh kami yang muda-muda ini, agar terus belajar dan berkarya dalam situasi apapun”, tambahnya

Jilannisa sejak kecil sangat menyukai animasi ini memperoleh kemampuan berbahasa Jepang secara otidak. Sejak duduk di SMA 5 Padang, bakatnya terasah lewat ekskul Japanese Club dan bersama siswa lainnya telah menyumbangkan beberapa trophy bagi sekolah.

Statusnya sebagai mahasiswa Bahasa Inggris tak merubah hobby dan aktifitasnya sebagai seiyu porofesional yang telah begitu diakrabinya. Dari kegiatan yang pada awalnya hanya hobby ini ia bahkan sempat bekerja online secara professional pada sebuah studio yang memerlukan jasa sulih suaranya dengan gaji bulanan yang sangat lumayan.

“Pandemi Covid 19 telah membuat kita lebih banyak dirumah, kuliah juga bolak balik seputar rumah dan kamar saja, baru sekali bertemu teman seangkatan. Situasi ini kadang membuat kita bosan, tapi kita tidak boleh menyerah begitu saja, kita harus tetap bisa berkarya dan mengejar mimpi teman-teman!”, himbau Jilannisa pada para anak muda.

Himbauan itu begitu seirama dengan makna yang ingin ia tebar melaui video “Ganbareba Dekiru”nya.

Ayo Dukung Jilannisa dengan menonton video singkat kami di https://youtu.be/wi-tWnn95Nk.

“jangan lupa “like” terbaiknnya ya teman-teman dan Ayah Bunda.. terimakasih,” ujarnya tersenyum.

(Tribun Sumbar)

KN MIPA 2021