Mahasiswa FK Unand Berhasil Meraih Medali Emas di Kancah Internasional

26 September 2020


Padang (Unand) – Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Refa Rahmaddiansyah berhasil meraih prestasi membanggakan dengan menjadi juara dalam ajang kompetisi invensi dan penelitian tingkat internasional di Korea bernama World Invention and Creativity Olympic (WICO) 2020 pada tanggal 21-23 Agustus 2020 lalu.

Meskipun pandemi COVID-19 yang terus berlanjut di seluruh dunia, event WICO ke-9 yang akan diadakan di Korea pada tahun 2020 ini terpaksa ditunda dan diselenggarakan dengan cara daring atau virtual dengan metode safe cyber-style. 

“Kompetisi ini merupakan event tahunan yang sangat bergengsi di bidang riset yang diikuti oleh lebih dari 1.500 peneliti muda yang berasal dari setidaknya 25 negara di seluruh dunia yang diselenggarakan oleh Korea University Invention Association, Korea Selatan,” ujar mahasiswa yang juga dianugerahkan sebagai mahasiswa berprestasi fakultas kedokteran 2020 ini.

Refa menjadi salah satu perwakilan dari Indonesia berhasil memenangkan medali emas yang meneliti tentang pemanfaatan bawang merah dan bakteri baik untuk terapi pada pasien gizi buruk untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Ia sangat bersyukur dapat melewati masa pandemi ini dengan terus berprestasi dan melahirkan karya yang inovatif untuk dapat bermanfaat khususnya bagi dunia kesehatan. Ia juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada keluarga, sahabat, dosen pembimbing, dan berbagai pihak yang telah mendukung pencapaiannya saat ini dan 

Refa berharap dapat memotivasi anak Indonesia lainnya, khususnya di lingkungan civitas akademika Universitas Andalas untuk terus menggali potensi diri dan dapat membanggakan bangsa ini sesuai minat dan bakat masing-masing.(*)

Humas dan Protokol Unand

KN MIPA 2021