UKO


      UKO UNAND merupakan organisasi mahasiswa yang bergerak dibidang olahraga. UKO UNAND merupakan wadah pengembangan bakat dan minat mahasiswa dibidang olahraga yang berdiri pada bulan Februari 1993. UKO UNAND berkembang seiring dengan tersedianya berbagai fasilitas olahraga seperti lapangan sepakbola, voli, basket, bulutangkis, tenis lapangan, tenis meja, futsal, catur, dan sepak takraw.

Disamping juga diadakan latihan rutin untuk setiap cabang olahraga, UKO UNAND juga memiliki agenda tahunan yaitu, turnamen catur nasional tingkat mahasiswa yang diikuti oleh seluruh mahasiswa yang ada di Indonesia. Selain itu, agenda tahunan lainnya seperti, pekan olahraga mahasiswa se-Universitas Andalas (POMNAND) yang diikuti oleh mahasiswa masing-masing fakultas yang ada di Universitas Andalas. POMNAND mempertandingkan delapan cabang olahraga yaitu, futsal, bola basket, bola voli, tenis lapangan, tenis meja, bulutangkis, sepak takraw, dan catur. Sedangkan Sepakbola dipertandingkan dalam sebuah event yang bernama Liga Universitas Andalas (LIGUNA) yang mengikutsertakan seluruh fakultas di Universitas Andalas untuk mengutus atlet-atlet terbaik yang akan memperebutkan gelar juara di Universitas Andalas.

Tujuan dari diselenggarakannya POMNAND tersebut adalah untuk mempersiapkan atlet-atlet yang ada di Universitas Andalas untuk mengikuti Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (POMDA) dan juga Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS). Agenda POMNAS ini juga menambah semangat anggota UKO UNAND untuk mengibarkan bendera Universitas Andalas ditingkat nasional.

Prestasi yang pernah diraih UKO UNAND diantaranya yaitu sebagai juara umum II POMDA di Sumatera Barat pada tahun 2011 dan 2013, juara I cabang futsal dan bola voli POMDA tahun 2011, juara II Catur Nasional putri pada tahun 2013 yang diadakan di Universitas Andalas, juara I Volley Ball putri antar mahasiswa se-kota Padang tahun 2014, juara III Liga Mahasiswa (LIMA) Basket se-Sumatera tahun 2015, juara I turnamen Direktur IPDN kampus Sumbar Futsal Cup I 2015, dan masih banyak lagi.

Pembina UKO UNAND saat ini ialah Dr.Ir. Indra Dwipa, MS, dan saat ini UKO UNAND diketuai oleh Indelman (Fak. Ekonomi), dengan sekretaris umumnya Dasmirizal (Fak. Ekonomi), serta bendahara umum Rozita Mayang Sari (Fak. Pertanian).

Disamping itu, UKO UNAND tidak hanya bergerak dibidang olahraga saja, tapi juga ikut melaksanakan kegiatan bakti sosial kepada masyarakat. Hal ini merupakan tanggungjawab UKO UNAND sebagai sebuah organisasi yang turut mendukung dan menggalakkan kegiatan bakti sosial dan amal untuk pengembangan rohani dan memupuk jiwa solidaritas.

 

Sekretariat UKO Unand : Jl. Limau Manis, Gedung PKM Lt. 2 Universitas Andalas

 Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

http//www.ukounand.blogspot.com