MPM

Profil Organisasi Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa

 

 (MPM-KM) Universitas Andalas

 

Pada pertengahan tahun 1990 pemerintah mengeluarkan SK Mendikbud Nomor 475/U/1990 tentang pedoman umum organisasi kemahasiswaan. Pada waktu itu lembaga yang dikenal adalah senat mahasiswa (SEMA). Seiring dengan lahirnya Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 155/U/1998 maka lahirlah lembaga mahasiswa yang disebut dengan BEM. Pada saat inilah kemudian terjadi perubahan nama dari Senat Mahasiswa (SEMA) menjadi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Setelah terjadinya perubahan nama Senat Mahasiswa (SEMA) menjadi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan dilaksanakannya Pemilihan Umum Raya Unand (Pemira) pertama, untuk pertama kali yang terpilih sebagai presiden mahasiswa yaitu M.Riski. pada tahun 2001 diadakan kongres mahasiswa 1.

Moment cukup penting adalah diadakan kongres mahasiswa II tahun 2003 dengan menugaskan Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM) untuk membentuk Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM). Lembaga legislative yang sebelumnya bernama Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM) KM UNAND mengalami transformasi nama dan fungsi menjadi MPM KM UNAND. Perubahan fungsi lembaga legislatf kembali mengalami perubahan setelah dilaksanakannya perubahan UUD KM UNAND dan pelaksanaan Pemira 2005/2006. Lembaga legislatif yang selama ini  bersifat monokameral atau system satu kamar merubah menjadi lembaga legislatif yang bersifat bicameral atau system dua kamar, terdiri atas Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan Dewan Perwakilan Fakultas (DPF).

Majelis Permusyawaratan Mahasiswa terdiri atas Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) yang dibagi atas 2 komisi. Komisi I : Legislasi dan Aspirasi, Komisi II: Pengawasan dan Anggaran. Dan Dewan Perwakilan Fakultas (DPF), terdiri dari 2 komisi, komisi I: Aspirasi Internal, Komisi II: Aspirasi Eksternal

MPM KM mempunyai tugas dan wewenang mengubah dan menetapkan Undang-Undang Dasar, melantik presiden berdasarkan Pemilihan Umum Raya dalam siding umum MPM, melantik Wakil Prsiden apabilan Presiden mangkat, berhenti, diberhentikan atau tidak dapat melaksanakan kewajibannya dalam masa jabatannya, memina pertanggung jawaban Presiden Mahasiswa diakhir masa jabatannya, menerima atau menolak laporan pertanggungjawaban Presiden Mahasiswa, menerima atau menolak pengunduran diri Presiden Mahasiswa, mencabut surat mandate Presiden Mahasiswa dan menetapkan peraturan Tata Tertib dan Kode Etik MPM, menyelesaikan masalah yang timbul dalam Negara Keluarga Mahasiswa Universitas Andalas di tingkat Universitas.

 

Ketua : Febri Daus (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), Wakil Ketua I : Ryan Aulia (Fakultas Pertanian), Wakil Ketua II: Fitria Zakia (Fakultas Teknologi Pertanian), Pembina: Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS.,M.Sc (Wakil Rektor III).

 

Sekretariat : Gedung Pusat Kegiatan Universitas Andalas Lantai II Kampus Limau Manis, Padang. Kode Pos: 25163

 Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 +62852 7298 9872