KOSBEMA

Komite Siaga Bencana Mahasiswa Universitas Andalas (Kosbema Unand) merupakan suatu organisasi mahasiswa yang bergerak di bidang pendidikan, pelatihan dan pengabdian dalam pengurangan risiko bencana sesuai dengan tri dharma perguruan tinggi. Kosbema Unand berdiri pada 14 September 2013 dan mendapat pengesahan sebagai unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Andalas pada tanggal 28 Oktober 2015. Kosbema Unand memiliki visi yaitu “menjadi unit kegiatan mahasiswa dalam pengurangan resiko bencana yang memiliki reputasi nasional dan internasional”. Untuk mencapai visi yang telah dicanangkan tersebut Kosbema Unand terus berkarya dengan melakukan banyak kegiatan dan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait pengurangan risiko bencana seperti pemerintah, organisasi kebencanaan, dan pihak lain terkait pengurangan risiko bencana. Kosbema Unand juga merupakan satu-satunya unit kegiatan mahasiswa yang tergabung dalam forum pengurangan risiko bencana (PRB) kota Padang dan provinsi Sumatera Barat.

Sudah banyak kegiatan yang diikuti maupun diangkat oleh Kosbema Unand terkait upaya pengurangan resiko bencana seperti: Seminar Indonesia-Francis dengan tema “Land Use Planning in Coastal Regions Natural Risks”, Mentawai Megathrust Direx 2014 yang diadakan oleh BNBP, Workshop rencana aksi PRB bersama pemerintah, UGM dan MFT new zeland untuk Kabupaten Pesisir Selatan 2015-2020, seminar-seminar membahas tentang kebencanaan, pelatihan-pelatihan terkait PRB, kunjungan intelektual kebencanaan, bekerja sama dengan BNPB, BPBD kota Padang, BPBD provinsi Sumatra Barat, dan beberapa organisasi  di Sumatera Barat, serta kegiatan lainnya terkait PRB.

Kosbema Unand juga mengikuti beberapa agenda nasional terkait pengurangan resiko bencana seperti agenda tahunan nasional peringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) tahun 2014 di Bengkulu, dan tahun 2015 di Solo. Dalam agenda bulan PRB ini banyak acara seperti workshop, seminar, pameran, dan diskusi terkait penanggulangan bencana terutama dalam PRB di Indonesia.

Agenda tahunan Kosbema Unand yakni Disaster Management Event (DME) yang berlangsung setiap tahun sejak 2014 yang mengulas berbagai upaya pengurangan resiko bencana di Sumatra Barat. Banyak agenda yang diangkatkan pada acara DME dan  tidak hanya di ikuti oleh kalangan mahasiswa, tetapi juga pelajar SMP, dan SMA se-Sumatra Barat, yang berupa lomba karya tulis ilmiah kebencanaan SMA sederajat se-Sumatera Barat 2014 dan 2015, dan lomba poster kebencaan tingkat SMP se-kota Padang 2015. Kegiatan DME ini diharapkan memberikan kontribusi terhadap uapaya PRB dengan memfokuskan pada kesadaran dan pengetahuan tentang bencana.

Kosbema Unand juga bekerja sama dengan HFI, Menristek DIKTI, BNPB dalam penyelenggaraan PKM-P kebencanaan 2016 yang dilakukan di 7 universitas yaitu: Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Andalas, UPN Yogyakarta, UIN Syarif Hidayatullah dan Universitas Negeri Jakarta. Dari Universitas Andalas lulus satu PKM-P untuk mengikuti pekan ilmiah mahasiswa (PIM) yang akan dilaksanakan di Universitas Negeri Jakarta dengan tema “Pengelolaan Bencana” pada 20-21 April 2016. Kegiatan ini bertujuan untuk semua tim yang lulus PIM menyampaikan hasil penelitiannya sehingga diketahui publik agar bisa dilanjutkan dan dikembangkan. 

Kegiatan Kosbema Unand yang sedang dalam proses ialah pembuatan peta evakuasi di setiap gedung Universitas Andalas terutama gedung-gedung kuliah dan perpustakaan yang difungsikan sebagai penunjuk jika terjadi bencana gempa. Dan Kosbema unand juga sedang membuat sebuah rencana kontigensi bencana gempa dan tsunami untuk Universitas Andalas. Kosbema Unand terus melaksanakan kegiatan-kegiatan baik internal maupun eksternal guna untuk meningkatkan kapasitas dalam pengurangan risiko bencana. Kosbema Unand periode 2015/2016 dibina oleh Dr. Ir. Abdul Hakam, M.T., Ketua: Abdul Aziz Nasta, Sekretaris Jendral: Yozi Yuliardi.