GENTA ANDALAS

 

SEJARAH

        Unit kegiatan Pers Mahasiswa Universitas Andalas adalah unit kegiatan yang bergerak di bidang penerbitan berita, Genta Andalas berdiri pada tahun 1975 tetapi pada waktu itu masih bersifat unit kegiatan mahasiswa tingkat fakultas, dan belum bernama Genta Andalas.

Genta Andalas Resmi Berdiri 16 Oktober 1986, tetapi baru tahun 1987 terbit untuk pertama kali dengan Surat Tanda Terbit nomor 336/Ditjen PPG/STT/ 1987, Tapi sayang sempat tidur panjang Sampai pertengahan tahun 1994.

Memasuki tahun 2001 hingga kini Genta Andalas banyak mengalami peningkatan mulai dari peningkatan kuantitas dan kualitas, terbukti dengan didirikannya satu divisi baru yaitu Divisi Penyiaran dengan nama Radio Jingga, seiring dengan kematangan divisi penyiaran maka radio Jingga kemudian memisahkan diri dari Genta Andalas akhir tahun 2003 lalu. Untuk peningkatan kualitas anggota, rutinitas terbit hingga mengangkat kegiatan pelatihan jurnalistik dalam skala wilayah juga dilakukan berbagai kegiatan dan pelatihan.

 

PROFIL

           Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Genta Andalas bertujuan untuk mengembangkan wawasan, memunculkan kepekaan lingkungan, dan menjadi kontrol sosial dalam masyarakat kampus. Saat ini Genta Andalas dibina oleh Rembrandt,SH., M.Pd dan diketuai oleh Muhammad Arif.

Genta Andalas menerbitkan berita dalam bentuk tabloid, elektronik tabloid (e-Tabloid), serta portal berita gentaandalas.com yang meng-update berita setiap hari. Genta Andalas juga melaksanakan event tahunan Pekan Jurnalistik, Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar, Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional, Genta Goes To School, serta menjadi media partner berbagai kegiatan mahasiswa dan universitas.

 

VISI

  1. Menampung dan menyalurkan aspirasi civitas akademika Universitas Andalas.
  2. Membentuk masyarakat ilmiah yang penuh cita-cita luhur, mencintai, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran, keadilan serta kemanusiaan.
  3. Mewujudkan terciptanya mahasiswa yang kritis, objektif, berinisiatif, dan kreatif sebagai insan pengabdi yang bertanggung jawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa, rakyat, bangsa, dan negara.

MISI

  1. Menerbitkan media mahasiswa Genta Andalas.
  2. Mengadakan kegiatan-kegiatan lain yang menunjang tujuan UKPM Genta Andalas.
  3. Menjalain kerja sama dengan berbagai pihak yang tidak bertentangan dengan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga UKPM Genta Andalas.


 

KEGIATAN

  • Penerbitan Tabloid Genta Andalas
  • Penerbitan Tabloid Genta Antara
  • Pelatihan Jurnalsitik Tingkat Dasar (PJTD)
  • Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL) Nasional
  • Pekan Jurnalistik
  • Seminar Nasional
  • Bina Bakat Minat dan Kepemimpinan (BBMK)
  • Genta Goes to School dan Media

 

PRESTASI

  • Media Partner pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2005
  • Media Partner wilayah Sumatera untuk BBC World Service Siaran Indonesia pada tahun 2007-2009.(Genta Andalas merupakan satu-satunya media mahasiswa yang menjadi Official)
  • Media Partner MTQ Mahasiswa Nasional 2013 Universitas Andalas dan Universitas Negeri Padang
  • Media Partner dengan instansi, organisasi, komunitas, dan media lainnya
  • Tulisan-tulisan Anggota Genta Andalas di Media Lokal dan Media Nasional
  • Pers Mahasiswa pertama yang menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) di Sumatera Barat
  • Satu-satunya Lembaga Pers Mahasiswa yang terdaftar di Google News

 

MOTO

Berkatalah dengan berteriak dan menulis, karena kata adalah senjata.

 

Jl. Limau Manis, Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Lantai II Sayap Kanan,

Universitas Andalas

 Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya., Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 Genta Andalas

 @Genta_Andalas

gentaandalas.com