PU KKN Unand Gandeng BKKBN Dalam KKN Tematik Kependudukan Tahun 2017

19 April 2017

Padang (Unand) – Pengelola Unit Kuliah Kerja Nyata (PU KKN) Universitas Andalas (Unand) gelar Pertemuan Koordinasi Identifikasi Kemitraan Pendidikan Kependudukan bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Sumatera Barat (Sumbar) pada rabu (19/04) di ruang rapat lantai 2 gedung pusat kegiatan mahasiswa (PKM) Unand.

Prof.Dr. Dachriyanus,Apt selaku Wakil Rektor I Unand menyatakan apresiasi yang mendalam terhadap BKKBN pada kesempatan ini dapat bergandengan dengan Unand dalam rangka persiapan KKN Tematik Kependudukan pada tahun 2017.

Ia juga mengatakan bahwa dalam kondisi saat ini masyarakat sangat membutuhkan pengetahuan terkait keluarga berencana dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“KKN Tematik Kependudukan yang dilakukan ini selain memberikan manfaat kepada masyarakat, juga memberikan pengetahuan lebih terkait kependudukan kepada mahasiswa yang melakukan KKN Tematik bersama BKKBN” tambah Prof.Dr.Dachriyanus,Apt.

Pertemuan Koordinasi Identifikasi Kemitraan Kependukan yang dilaksanakan Unand bersama BKKBN ini merupakan bentuk persiapan dari Unand bersama mahasiswa yang akan menggelar KKN Tematik Kependudukan tahun 2017.

KKN Tematik akan dilaksanakn oleh 200 mahasiswa Unand yang disebar di 10 Nagari yang ada di 5 Kabupaten di Sumatera Barat, yaitu Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok.

“KKN Tematik Kependudukan tahun ini merupakan wujud nyata kerjasama Unand dengan BKKBN yang bertujuan untuk mengurai masalah Kependudukan saat ini seperti masalah kualitas Pendidikan Penduduk di usia produktif, masalah angka kematian ibu melahirkan, masalah pengangguran dan banyaknya masalah penduduk miskin di Indonesia” ujar Syahruddin,SH.,MH selaku Kepala BKKBN Sumbar.

Ia juga mengatakan hal ini juga merupakan salah satu bentuk media Pendidikan Kependudukan melalui kampus dengan Proogram KKN Tematik Kependudukan.

Syahrudin,SH.,MH menambahkan bahwa mewujudkan sumber daya manusia yang sejahtera melalui KKN Tematik Kependudukan ini juga merupakan bentuk sinergitas antara BKKBN, Pemerintah Daerah dan mitra pengelola perguruan tinggi yaitu Universitas Andalas.

Pada tahun ini sebanyak 4.600 mahasiswa Unand sudah mendaftar secara online kepada PU KKN untuk melaksanakan KKN tahun 2017 yang akan dilaksanakan di 169 Nagari dan tersebar di 19 Kota/Kab Wilayah Sumatera Barat.

Bidang Kemahasiswaan  

Read 383 times