Inisiatif Zakat Indonesia Launching Beasiswa IZI Sumbar Tahun 2017

19 April 2017

Padang (Unand) – Perwakilan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sumatera Barat (Sumbar) Launching beasiswa IZI Sumbar tahun 2017 pada selasa (18/04) di ruang rapat lantai 2 Gedung Pusat Kegiatan (PKM) Universitas Andalas (Unand).

Syafwardi,SE.,M.Pd selaku Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unand mengatakan bahwa suatu kebanggaan Universitas Andalas melalui Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Unand dapat menjadi fasilitator dalam kegiatan launching Beasiswa IZI ini.

Ia juga mengatakan bahwa enam dari delapan mahasiswa penerima Beasiswa IZI tahun ini adalah mahasiswa Aktif Unand yang memang pantas untuk mendapatkan bantuan beasiswa.

“ Pada tahun 2016 yang lalu sebanyak 1.800 mahasiswa Unand yang mendaftarkan diri untuk menerima Beasiswa bantuan dari Pemerintah yaitu Beasiswa Bidikmisi, namun hanya 1.080 kuota yang tersedia untuk mahasiswa Unand. Hal ini membuktikan masih banyak mahasiswa yang pantas menerima bantuan beasiswa seperti beasiswa dari IZI ini”  Ujar Syafwardi,SE.,M.Pd

Acara ini juga di hadiri oleh Direktur Pendayagunaan IZI Pusat, Kasubag Kesejahteraan Mahasiswa Unand dan Perwakilan dari BEM KM Unand Kabinet Langkah Hebat.

Sebanyak delapan orang Mahasiswa dari 3 Perguruan Tinggi di Sumatera Barat yaitu Unand, Universitas Negri Padang (UNP) dan Sekolah Tinggi  agama Islam Pengembangan Ilmu Al-Quran STAIPIQ menerima bantuan dari IZI Sumatera Barat tahun 2017.

Enam orang mahasiswa Unand yang menerima Beasiswa IZI adalah Andrea Surya Habibie dari Teknik Elektro, Akbar Chaniago dari jurusan Fisika, Muhammad Handal Hamdallah dari Teknik Lingkungan , Nanang Sumitra dari jurusan Fisika, Anggi Syahputra dari Peternakan dan Febri Budi Ananjas dari Peternakan, sementara dua mahasiswa lainnya adalah Ridwan Alzona dari STAIPIQ dan Ranji Ladrito dari UNP.

“Beasiswa IZI selain memberikan bantuan biaya pendidikan sebanyak Rp.600.000,- per bulan kepada mahasiswa penerima, juga memberikan fasilitas tempat tinggal serta pendidikan karakter yang berkelanjutan kepada mahasiswa” ujar Priambodo Ario Pamungkas,S.Ikom selaku kepala Perwakilan IZI Sumbar.

Ia juga menegaskan bahwa tujuan dari pemberian beasiswa ini selain menciptakan karakter yang islami kepada mahasiswa, juga bertujuan untuk melahirkan jiwa entrepreneurship dan menggali bakat dari mahasiswa penerima beasiswa.

Saat ini IZI juga sudah melakukan pembinaan kepada mahasiswa di beberapa Universitas di Indonesia seperti Institut Teknologi Bandung dan Institute Pertanian Bogor.

 

Bidang Kemahasiswaan

Read 301 times