Siswa SMK Selangor Malaysia Ingin Lanjutkan Studi di Unand

21 Maret 2017

Padang (Unand) - Siswa Sekolah Menengah Kebangsaan (SMK) Bukit Ganting Sungai Buloh Selangor Malaysia mengunjungi Universitas Andalas pada Senin (20/03) untuk mendapatkan informasi mengenai proses penerimaan mahasiswa baru khususnya di Universitas Andalas .

Kegiatan kunjungan tersebut diikuti oleh 20 orang siswa angkatan VI dan 9 orang majelis guru. Disana siswa berkesempatan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru.

Kunjungan ini diterima langsung oleh Wakil Rektor II Universitas Andalas Prof. Dr. Ir. Asdi Agustar,MSc Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Syafwardi, SE, MPd, Kabag Akademik Joni Syahril, SH, MM dan Kasubag Akademik Raymon Taufik, S. Sos.

Kepala Sekolah SMK Bukit Ganting Sungai Buloh Malaysia Ms. Khadijah mengatakan kunjungan ini dalam rangka mempererat rumpun bangsa antara pelajar Indonesia dengan pelajar Malaysia.

Selain itu, ia juga ingin memperoleh informasi secara langsung tentang proses penerimaan mahasiswa baru di Indonesia khususnya Universitas Andalas.

“Mengenali sistem pembelajaran di Indonesia sebagai bahan pembelajaran baginya untuk dijadikan panduan dimasa yang akan datang dan berkemungkinan siswanya juga ingin melanjutkan studinya di Universitas Andalas,”sambungnya.

Tidak hanya mencari informasi penerimaan mahasiswa baru ia bersama siswanya juga melakukan lawatan ke Bukittinggi untuk melihat tempat-tempat bersejarah yang memberi pengalaman dan pembelajaran yang sangat berharga bagi siswanya.

“Pelajar berupaya untuk mempelajari dan berpeluang agar mengenali sejarah serta budaya warga serumpun Indonesia,”ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan seperti kata pepatah “jauh berjalan banyak pengalaman”.

Ia berharap siswanya dapat melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi untuk mempelajari banyak perkara di University Andalas.

Sementara itu, Wakil Rektor II Universitas Andalas Prof. Dr. Ir. Asdi Agustar, MSc mengatakan Universitas Andalas selain sebagai kampus tertua diluar pulau Jawa juga merupakan salah satu universitas perjuangan untuk pengembangan bangsa di Indonesia karena Unand diproklamirkan oleh Vice Presiden yang pertama yaitu Bung Hatta.

Lebih lanjut ia mengungkapkan Universitas Andalas mempunyai orientasi tidak hanya national university tapi juga internasional oriented, dimana Universitas Andalas juga mempunyai mahasiswa dari berbagai negara termasuk salah satunya Malaysia.

“Kebanyakan pelajar dari Malaysia belajar tentang Ilmu Kedokteran dan Ilmu Budaya,”tambahnya.

Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Unand rutin membuka rekrutmen palajar di Malaysia untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Andalas.

Sementara itu, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan menyampaikan profil universitas secara terperinci mulai dari penerimaan mahasiswa baru hingga penjelasan tentang Program Studi (Prodi) yang ada di masing-masing fakultas.(Humas)

Bidang Kemahasiswaan

Read 59 times