21 April 2017

Padang (Unand) – Dalam rangka mewujudkan karakter Andalasian SEJATI yaitu Sabar, Empati, Jujur, Adil, Tanggung jawab dan Ikhlas di lingkungan Universitas Andalas, Bagian Kemahasiswaan Universitas Andalas menyelenggarakan Pelatihan Asisten Trainer dan Mahasiswa Pelopor Karakter Andalasian bagi mahasiswa Unand pada Kamis-Jum’at (20-21/4) di  Ruang Seminar Gedung Pascasarjana lt.3 Unand Kampus Limau Manis.

Wakil Rektor III Unand, Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, MSc ditemuai tim Humas disela pelaksanaan pelatihan mengatakan kegiatan ini merupakan keberlanjutan dari persiapan pelatihan karaker andalasian bagi mahasiswa baru TA 2017/2018. Unand mencari pionir atau pelopor dari kalangan mahasiswa untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa baru mengenai karakter andalasian dan bagaimana dapat mengimplementasikannya dalam lingkungan sehari-hari.

Model Karakter Andalasian dibentuk atas 4 elemen yakni spiritual, ilmu, amal, dan sosial. Model ini menjadi nilai-nilai yang dianut oleh mahasiswa ataupun warga Universitas Andalas dan menjadi sumber inspirasi yang mewarnai setiap aspek sikap, prilaku dan berfikir dalam bertindak ataupun berbuat.

Untuk itu mahasiswa pelopor ini yang berasal dari berbagai fakultas di lingkungan Universitas Andalas direkrut, dibentuk dan dibekali tentang wawasan karakter andalasian oleh tim karakter Andalasian selama 2 hari yaitu Kamis dan Jumat, 20-21 April 2017. 

Ia menambahkan kegiatan ini juga merupakan keberlanjutan tentang pemahaman karakter andalasian bagi mahasiswa. Ia menjelaskan bahwa mahasiswa baru Universitas Andalas melewati 3 aspek pembekalan salah satunya yaitu pendidikan karakter. Untuk itu pelatihan ini sangat berguna bagi mahasiswa dalam memberikan pemahaman terkait karakter tersebut dan bagaimana menerapkan dilingkunganya. 

“Karaktek memang tidak bisa dibentuk dalam waktu yang cepat, tapi butuh proses. Namun demikian kita tentu harus memberikan materi mengenai karakter ini, sehingga mahasiswa bisa memahami sikap dan nilai yang patut dianut oleh seorang akademisi di Unand.”ucapnya.

Penerapan karakter ini tentu diharapkan dapat menjadi salah satu point pendorong bagi Unand dalam menghasilkan lulusan yang berdaya saing, memiliki iman dan taqwa berdasarkan karakter SEJATI. (humas)

 

Bidang Kemahasiswaan

21 April 2017

Padang (Unand) - Unit Kegiatan Seni Universitas Andalas (UKS Unand) menggelar Harpa Musik Festival (HMF) Tahun 2017 yang bertajuk Chrombatik pada hari Selasa hingga Kamis (18-20/04) di Ruang Tengah Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Lantai 1 Kampus Unand Limau Manis Padang. 

Harpa Music Festival atau disingkat dengan HMF merupakan salah satu event bertajuk festival yang digelar UKS Unand dengan tema batik. Tujuan dari tema ini juga merupakan salah satu upaya pelestarian budaya Indonesia dengan cara pemakaian kostum batik oleh peserta-peserta yang mengikuti HMF.

Adapun rangkaian acara HMF diantaranya ada Jamming Sesion dan Berpacu dalam melodi yang diselenggarakan pada hari Selasa (18/04), lomba band pada hari Kamis (20/03) serta bazar. Di lokasi HMF juga diadakan spot Photobooth yang berkonsep tentang Gudang Musik.

“UKS Unand memiliki 5 divisi kesenian, diantaranya ada divisi vokal (Andalaswara), divisi teater (Teater Rumah Teduh), divisi musik (Harpa Music Studio), divisi tari (Andalas Seruni Dance), dan divisi seni rupa (Saroman)”. Ujar Alfurqanul Hakim selaku Ketua Umum UKS Unand.

“Sebelumnya kami juga mengadakan kegiatan dalam cakup seni rupa yaitu pameran Saroman UKS Unand dan setelah HMF ini kami juga mengadakan acara Alek 3 UKS Unand dengan judul Harmony in Diversity pada 8-12 Mei 2017 mendatang yang bertajuk lomba, diantaranya lomba solo song, puisi, monolog, akustik, sketsa, dan lainnya.” tambahnya.

Hakim juga mengungkapkan selain memberitahukan bahwa visi UKS Unand adalah sebagai wadah penciptaan dan penempaan seniman intelektual yang berbudaya di Indonesia, output HMF juga tidak lepas dari mempererat hubungan yang lebih harmonis antar aliansi UKM Seni Se-Kota Padang.

“Acara yang dimotori oleh Harpa Music Studio ini diikuti oleh 20 grup band tingkat umum se-Sumatera Barat”.tutupnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS,.MSc mengatakan di negara Jepang musik digunakan sebagai pengobatan. “Saya harap dengan diadakannya kegiatan Harpa Music Festival ini, kita juga sama sama mendapatkan hal yang bagus, seperti softskills dan pengembangan karakter diri”. Ujarnya.

Dengan musik mahasiswa dapat menyalurkan ide kreatifnya, membentuk kepekaan dan mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat.  

Lebih lanjut, Prof. Hermansah menambahkan bahwa Indonesia memiliki berbagai macam ragam jenis musik di tiap daerah. Salah satunya adalah budaya Minang. 

“Untuk itu mari kita bersama-sama melestarikan dan memperkenalkan musik Minangkabau ke tingkat nasional maupun Internasional”. Tutupnya. (Humas)

 

Bidang Kemahasiswaan

19 April 2017

Padang (Unand) – Pengelola Unit Kuliah Kerja Nyata (PU KKN) Universitas Andalas (Unand) gelar Pertemuan Koordinasi Identifikasi Kemitraan Pendidikan Kependudukan bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Sumatera Barat (Sumbar) pada rabu (19/04) di ruang rapat lantai 2 gedung pusat kegiatan mahasiswa (PKM) Unand.

Prof.Dr. Dachriyanus,Apt selaku Wakil Rektor I Unand menyatakan apresiasi yang mendalam terhadap BKKBN pada kesempatan ini dapat bergandengan dengan Unand dalam rangka persiapan KKN Tematik Kependudukan pada tahun 2017.

Ia juga mengatakan bahwa dalam kondisi saat ini masyarakat sangat membutuhkan pengetahuan terkait keluarga berencana dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“KKN Tematik Kependudukan yang dilakukan ini selain memberikan manfaat kepada masyarakat, juga memberikan pengetahuan lebih terkait kependudukan kepada mahasiswa yang melakukan KKN Tematik bersama BKKBN” tambah Prof.Dr.Dachriyanus,Apt.

Pertemuan Koordinasi Identifikasi Kemitraan Kependukan yang dilaksanakan Unand bersama BKKBN ini merupakan bentuk persiapan dari Unand bersama mahasiswa yang akan menggelar KKN Tematik Kependudukan tahun 2017.

KKN Tematik akan dilaksanakn oleh 200 mahasiswa Unand yang disebar di 10 Nagari yang ada di 5 Kabupaten di Sumatera Barat, yaitu Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok.

“KKN Tematik Kependudukan tahun ini merupakan wujud nyata kerjasama Unand dengan BKKBN yang bertujuan untuk mengurai masalah Kependudukan saat ini seperti masalah kualitas Pendidikan Penduduk di usia produktif, masalah angka kematian ibu melahirkan, masalah pengangguran dan banyaknya masalah penduduk miskin di Indonesia” ujar Syahruddin,SH.,MH selaku Kepala BKKBN Sumbar.

Ia juga mengatakan hal ini juga merupakan salah satu bentuk media Pendidikan Kependudukan melalui kampus dengan Proogram KKN Tematik Kependudukan.

Syahrudin,SH.,MH menambahkan bahwa mewujudkan sumber daya manusia yang sejahtera melalui KKN Tematik Kependudukan ini juga merupakan bentuk sinergitas antara BKKBN, Pemerintah Daerah dan mitra pengelola perguruan tinggi yaitu Universitas Andalas.

Pada tahun ini sebanyak 4.600 mahasiswa Unand sudah mendaftar secara online kepada PU KKN untuk melaksanakan KKN tahun 2017 yang akan dilaksanakan di 169 Nagari dan tersebar di 19 Kota/Kab Wilayah Sumatera Barat.

Bidang Kemahasiswaan  

19 April 2017

Padang (Unand) – Perwakilan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sumatera Barat (Sumbar) Launching beasiswa IZI Sumbar tahun 2017 pada selasa (18/04) di ruang rapat lantai 2 Gedung Pusat Kegiatan (PKM) Universitas Andalas (Unand).

Syafwardi,SE.,M.Pd selaku Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unand mengatakan bahwa suatu kebanggaan Universitas Andalas melalui Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Unand dapat menjadi fasilitator dalam kegiatan launching Beasiswa IZI ini.

Ia juga mengatakan bahwa enam dari delapan mahasiswa penerima Beasiswa IZI tahun ini adalah mahasiswa Aktif Unand yang memang pantas untuk mendapatkan bantuan beasiswa.

“ Pada tahun 2016 yang lalu sebanyak 1.800 mahasiswa Unand yang mendaftarkan diri untuk menerima Beasiswa bantuan dari Pemerintah yaitu Beasiswa Bidikmisi, namun hanya 1.080 kuota yang tersedia untuk mahasiswa Unand. Hal ini membuktikan masih banyak mahasiswa yang pantas menerima bantuan beasiswa seperti beasiswa dari IZI ini”  Ujar Syafwardi,SE.,M.Pd

Acara ini juga di hadiri oleh Direktur Pendayagunaan IZI Pusat, Kasubag Kesejahteraan Mahasiswa Unand dan Perwakilan dari BEM KM Unand Kabinet Langkah Hebat.

Sebanyak delapan orang Mahasiswa dari 3 Perguruan Tinggi di Sumatera Barat yaitu Unand, Universitas Negri Padang (UNP) dan Sekolah Tinggi  agama Islam Pengembangan Ilmu Al-Quran STAIPIQ menerima bantuan dari IZI Sumatera Barat tahun 2017.

Enam orang mahasiswa Unand yang menerima Beasiswa IZI adalah Andrea Surya Habibie dari Teknik Elektro, Akbar Chaniago dari jurusan Fisika, Muhammad Handal Hamdallah dari Teknik Lingkungan , Nanang Sumitra dari jurusan Fisika, Anggi Syahputra dari Peternakan dan Febri Budi Ananjas dari Peternakan, sementara dua mahasiswa lainnya adalah Ridwan Alzona dari STAIPIQ dan Ranji Ladrito dari UNP.

“Beasiswa IZI selain memberikan bantuan biaya pendidikan sebanyak Rp.600.000,- per bulan kepada mahasiswa penerima, juga memberikan fasilitas tempat tinggal serta pendidikan karakter yang berkelanjutan kepada mahasiswa” ujar Priambodo Ario Pamungkas,S.Ikom selaku kepala Perwakilan IZI Sumbar.

Ia juga menegaskan bahwa tujuan dari pemberian beasiswa ini selain menciptakan karakter yang islami kepada mahasiswa, juga bertujuan untuk melahirkan jiwa entrepreneurship dan menggali bakat dari mahasiswa penerima beasiswa.

Saat ini IZI juga sudah melakukan pembinaan kepada mahasiswa di beberapa Universitas di Indonesia seperti Institut Teknologi Bandung dan Institute Pertanian Bogor.

 

Bidang Kemahasiswaan

13 April 2017

Padang (Unand) – PT Bank Syariah Mandiri Tbk (BSM) menunjukkan kepeduliannya kepada dunia pendidikan di Indonesia. Salah satunya dengan memberikan bantuan biaya pendidikan berupa beasiswa senilai Rp 300.000.000,- kepada mahasiswa Universitas Andalas pada Selasa (11/04) di Ruang Sidang Gedung Auditorium Kampus Unand Limau Manis Padang.

Bantuan dana pendidikan ini diserahkan langsung secara simbolis oleh Regional Head Bank Syariah Mandiri RO 2 Sumatera Deden Durachman kepada mahasiswa Unand yang disaksikan oleh Wakil Rektor II Universitas Andalas Prof. Dr. Ir. Asdi Agustar, MSc, Area Manager BSM Padang Ashar dan Kepala Biro Umum Sumber Daya Unand Drs. Imrizal, MM.

Deden Durachman berharap beasiswa ini dapat memberikan dukungan yang positif bagi mahasiswa selama menempuh pendidikan di Universitas Andalas sehingga nantinya dapat melahirkan pemimpin muda yang berkualitas dimasa yang akan datang.

“Beasiswa ini diberikan kepada 50 orang mahasiswa yang berprestasi. Masing-masing mahasiswa tersebut mendapatkan beasiswa sebesar Rp. 6.000.000,- selama setahun,”sambungnya.

Ia mengungkapkan Bank Syariah Mandiri memiliki tanggung jawab moral dalam membantu memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia sebagai penerus bangsa kedepannya.

Menurutnya pendidikan merupakan unsur terpenting dalam menentukan masa depan suatu bangsa karena jika sumber daya manusia berkualitas dimiliki oleh suatu bangsa maka akan semakin tinggi tingkat kesejahteraannya.

Sementara itu WR II Unand mengucapkan terima kasih kepada Bank Syariah Mandiri Tbk yang telah memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa Universitas Andalas serta juga mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang menerima beasiswa ini.

Ia berpesan kepada mahasiswa agar terus meningkatkan prestasi akademik dengan tidak meninggalkan kegiatan-kegiatan non akademik serta manfaatkanlah beasiswa ini untuk keperluan pendidikan dengan tamat dan lulus tepat pada waktunya. (Humas)

 

Bidang Kemahasiswaan

10 April 2017

Padang (Unand) – Awani Yamora Masta dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Andalas (Unand) berhasil meraih prestasi terbaik I dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) yang diselenggarakan pada selasa (04/04) minggu lalu.

Eriyanty,SH selaku Kabag Kemahasiswaan Unand menyatakan dengan diselenggarakan Pilmapres tingkat Unand pada minggu lalu, merupakan salah bentuk selektifnya Unand dalam penyaringan mahasiswa yang akan mewakili Unand di Pilmapres tingkat Nasional.

Ia juga mengatakan cukup bangga dengan prestasi yang sudah diraih oleh Awani Yamora Masta dan yakin akan mengukir prestasi untuk Unand di tingkat Nasional pada Pilmapres yang akan diselenggarakan pada bulan mei yang akan datang oleh Kemenristekdikti.

Pada pemilihan Pilmapres yang diselenggarakn minggu lalu, sebanyak 12 mahasiswa perwakilan fakultas bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam mewakili Unand ke tingkat Nasional pada Pilmapres tahun 2017.

Sesuai dengan hasil rapat dewan juri yang dilaksanakan pada jumat (07/04) di ruang rapat lantai II gedung pusat kegiatan mahasiswa (PKM) Unand lalu, maka ditetapkan bahwa Awani Yamora Masta dari Fisip Unand menjadi yang terbaik.

Dr. Rahmy Fahmy, SE.,MBA selaku ketua dewan juri mengatakan terbaik I untuk Pilmapres tingkat Unand tahun 2017 ini diraih oleh Awani Yaora Masta dari Fisip. selanjutnya terbaik II dari Fakultas Pertanian (Faterta) yaitu Ika Ayu Putri dan peringkat III Lintang Sekar Sari dari Fakultas Kedokteran Unand.

Ia juga mengatakan dengan ditetapkannya Awani Yamora Masta merupakan hasil final dari kriteria-kriteria penilaian yang dilakukan oleh dewan juri.

“Dari Beberapa kriteria penilaian yang dinilai dalam pemilihan mahasiswa berprestasi adalah berupa Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), hasil karya tulis ilmiah beserta ringkasan, prestasi/kemampuan yang diunggulkan, kemampuan mahasiswa dalam bahasa Inggris dan Kepribadian dari Mahasiswa tersebut” tambah Dr.Rahmy Fahmy,SE.,MBA

Awani Yamora Masta merupakan mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional (HI) Fisip Unand angkatan 2015. Mahasiswa yang aktif pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) AIESEC Unand ini memiliki segudang prestasi di tingkat Regional dan Nasional.

Mahasiswa yang memiliki hobi bernyanyi ini juga tergabung dalam tim NUDC terbaik I Unand tahun 2017 dan berhasil meraih Juara 3 SEO (Sumatera English Olympiads) in Universitas Riau, Pekanbaru bulan maret lalu.

 

Bidang Kemahasiswaan

10 April 2017

Padang (Unand) – Presiden Mahasiswa (Presma) Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEMKM) Universitas Andalas resmi melantik 147 anggota baru dalam kepengurusan kabinetnya untuk periode 2017-2018 pada Jumat (07/04) yang berlangsung di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Turut hadir dalam pelantikan ini Wakil Rektor III, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Andalas, perwakilan dari Polsek Pauh Padang, perwakilan dari masing-masing UKM di tingkat Universitas maupun Fakultas, Himpunan Mahasiswa (HIMA) serta tamu undangan lainnya.

Dalam setahun kedepan BEMKM Unand akan dipimpin oleh Nurul Fikri sebagai Presma dari Fakultas Teknologi Pertanian menggantikan Edi Kurniawan yang telah habis masa jabatannya.

Nurul Fikri akan didampingi Rendi Afrineldi sebagai Wakil Presiden Mahasiswa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (MIPA) dan Wahyu Alfath Firdaus dari Fakultas Farmasi sebagai Sekretaris Negara serta beberapa kementerian yang ada dikabinetnya.

Ia mengatakan ada Sembilan kementerian dan dua Biro dalam kabinetnya yaitu Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa, Kementerian Sosial Politik, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Advokasi dan Kesmma, Kementerian Sosial Masyarakat, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Riset dan Pengembangan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan, Biro Keuangan dan Mitra Usaha serta Biro Kesekretariatan dan Audit Internal.

Selain itu, ia juga mengharapkan dukungan dan sinergisitas antara sesama lembaga kemahasiswaan baik di tingkat Universitas maupun di Fakultas agar tercapai cita-cita bersama dalam kemajuan dan kejayaan bangsa.

Sementara itu, WR III Universitas Andalas Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, MSc menghimbau untuk tetap mengutamakan kuliahnya disamping berkegiatan di organisasi kemahasiswaan. “Berorganisasi memang penting tetapi kuliah jangan sampai terabaikan keduanya harus seimbang, IPK bagus dan organisasinya kemahasiswaannya pun juga bagus,”ungkapnya.

Lebih lanjut ia menambahkan menjadi aktif di organisasi kemahasiswaan tidak berarti menjadikan nilai akademik menurun, justru dengan aktif di organisasi menjadi ajang pembuktian diri bahwa kita memiliki nilai lebih dibandingkan mahasiswa lainnya.

Organisasi kemahasiswaan akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa dalam mengasah dan mengembangkan softskill baik itu, leadership, attitude, personality serta communication skill.

Ia mengingatkan untuk terus menjaga kekompakan dan berharap kepada pengurus BEMKM yang baru dilantik agar dapat menjalankan tugas dan amanahnya dengan baik. (Humas)

 

Bidang Kemahasiswaan

07 April 2017

Padang (Unand) – Universitas Andalas (Unand) berhasil raih peringkat pertama dalam Olimpiade Nasional Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) tingkat Kopertis Wilayah X yang diselenggarakan pada 21-24 Maret yang lalu di Provinsi Riau.

Prof.Dr.Ir.Hermansah,MS.,M.Sc selaku Wakil Rektor III Unand menyatakan bahwa sebuah prestasi yang sangat membanggakan dari Tim ON MIPA Unand tahun 2017 untuk tingkat Wilayah.

“Prestasi ini tidak akan membuat Unand untuk berpuas diri, sebanyak 5 orang mahasiswa Unand yang dinyatakan lolos untuk ke tingkat nasional akan terus dibina agar mendapatkan hasil terbaik nantinya” ujar Ayah, sapaan akrab Wakil Rektor III Unand ini.

Ia juga menegaskan bahwa prestasi yang menjadikan Unand peringkat pertama di tingkat Wilayah ini juga akan dievaluasi kedepannya untuk kembali dapat meraih prestasi di tahun yang akan datang.

Lima mahasiswa Unand yang dinyatakan lolos untuk mengikuti kegiatan ON MIPA ke tingkat Nasional yaitu Aminah Citra Sari dalam bidang Biologi, Irfan Hasbullah Putra dari jurusan Pendidikan dokter  dalam bidang biologi, Yoni Saputra dari jurusan Kimia dalam bidang Kimia, Doni Damara dari jurusan Kimia dalam bidang Kimia dan Riski Kurniawan dari jurusan Matematika dalam bidang Matematika.

Eriyanty,SH selaku Kabag Kemahasiswaan Unand juga menambahkan bahwa masih ada waktu sekitar satu bulan untuk Unand dalam mempersiapkan menghadapi ON MIPA tingkat Nasional yang akan di gelar pada 15-16 Mei 2017 di Semarang.

Ia juga menegaskan akan terus pacu semangat mahasiswa untuk raih prestasi dalam kegiatan tahunan yang diselenggarakan Kemenristekdikti ini.

“Unand sudah mempersiapkan ON MIPA setiap tahunnya dengan matang, hal ini dilakukan dengan cara melakukan dua kali tes dalam proses penyaringan untuk mewakili Unand ke tingkat Wilayah dan Nasional” tambah Eriyanty,SH

Sebelum berkompetisi ditingkat Wilayah pada bulan maret lalu, Unand juga sudah melaksanakan tes sebanyak dua kali guna menyaring mahasiswa terbaik untuk mewakili Unand dalam kegiatan ON MIPA. Tes pertama dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2017 dan menyaring 56 mahasiswa dari 250 yang mengikuti ujian tahap pertama ini.

Pada tes kedua 56 mahasiswa ini kembali dikerucutkan menjadi 28 mahasiswa terbaik dalam 4 bidang mata lomba yang diikuti yaitu bidang matematika, bidang fisika, bidang kimia dan bidang biologi.

Kegiatan Lomba ON MIPA tingkat Nasional tahun ini akan diadakan  pada tanggal 15 dan 16 Mei di Hotel Setos di Semarang Jawa Tengah.

Bidang Kemahasiswaan

06 April 2017

Padang (Unand) – Tim Relawan Universitas Andalas (Unand) Peduli Bencana Kabupaten Lima Puluh Kota kembali serahkan bantuan kepada masyarakat korban bencana alam banjir dan longsor maret lalu. Penyerahan bantuan ini dilakukan pada senin (27/03) di Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota.

Nurul Fikri selaku Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Unand mengatakan Tim Relawan Unand yang terdiri dari perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unand ini memberikan bantuan untuk kedua kali berupa 170 paket alat sholat.

Fikri juga mengatakan bahwa pada penyerahan yang kedua kali ini tim relawan Unand menginginkan bantuan yang tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan korban bencana alam saat ini.

“Pada penyerahan bantuan pertama, kita sudah membagikan bantuan langsung berupa paket-paket buku tulis ke masyarakat dan juga bantuan bahan bangunan untuk salah satu rumah korban banjir” tambah Fikri.

Penyerahan bantuan pertama dilakukan pada tanggal 11 Maret lalu oleh Tim Relawan Unand Peduli Bencana Kabupaten 50 Kota yang terdiri dari seluruh lembaga-lembaga kemahasiswaan yang ada di Unand.

Prof.Dr.Ir. Hermansah,MS.,M.Sc selaku Wakil Rektor III Unand juga mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan sosial yang dipelopori oleh mahasiswa Unand dalam tanggap bencana alam di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Ia juga berharap dengan bantuan yang diberikan berupa alat sholat dapat membantu kenyamanan dari masyarakat setempat dalam menjalankan kewajiban beribadah kepada Sang Pencipta.

“Ucapan terimakasih kepada seluruh masyarakat dan terutama civitas akademika Unand serta Tim Relawan Unand selama kegiatan tanggap bencana ini berlangsung, dengan harapan semoga bantuan yang telah diberikan dapat bermanfaat bagi masyarakat korban bencana” tambah Prof.Dr.Ir.Hermansah,MS.,M.Sc

Penyerahan bantuan periode kedua ini sekaligus mengevaluasi penyerahan bantuan pertama yang berupa bahan bangunan yang kini sudah terbangun sebuah rumah semi permanen untuk salah satu korban bencana alam banjir dan longsor Kabupaten Lima Puluh Kota.

 

Bidang Kemahasiswaan

06 April 2017

Unit Kegiatan Seni Universitas Andalas mempersembahkan ALEK UKS UNAND 2017 bertemakan "Harmony In Diversity", 8- 12 Mei 2017, Gedung PKM Universitas Andalas.
Para pegiat seni Se- Sumatera Barat silahkan daftarkan diri/ grup anda mulai dari tanggal 1 April- 6 Mei 2017.

TOTAL HADIAH 10 JUTA
Rangkaian Acara:

8 MEI 2017
- Open Ceremony
- Lomba Solo Song ( 100 K)

Putra( lagu wajib):
1.Mampu Tanpanya (Mike Mohede)
2.Kunci Hati ( Afgan Syah Reza) -
Putri (Lagu wajib):
1. Bahasa Kalbu ( Titi DJ)
2. Sebuah Rasa ( Agnes Mo)

- List Lagu pilihan putra:
1.Gelora Cinta ( Trio Lestari)
2. Firasat ( Marcel)
3. Sedang Apa dan dimana ( Sammy Simorangkir)
4. Cinta Jangan Kau Pergi ( Vidi Aldiano)
5. Pamit ( Tulus)

- List Lagu Pilihan Putri:
1. Bayang Ilusi ( Anggun C. Samsi)
2. Dalam Kenangan ( Krisdayanti)
3. Kaulah Segalanya ( Ruth Sanaya)
4. Harmoni Cintaku( Gita Gutawa)
5.Keabadian ( Reza Artemevia).

9 MEI 2017

- Lomba Monolog
Tema Bebas ( 100K)

-Lomba Baca Puisi(40K)
list Puisi wajib:
1. Bahwa Kita Ditantang Seratus Dewa ( WS. Rendra)
2. Gugur ( WS. Rendra)
3. Selamat Pagi Indonesia ( Sapardi Joko)

Puisi pilihan (bebas)

10 MEI 2017

- Lomba Akustik (150K)
List lagu wajib:
1. Lebih Indah ( Adera)
2. Keruh di Air Jenuh (Yura Yunita)
3. Cinta ( Vina Panduwinata)
4. Adventure official Life Time ( Cold play)
5. Qiller Queen ( Queen)

Lagu pilihan (bebas)

-Lomba Sketsa( 50K)
Tema: Harmony In Diversity

11 MEI 2017
- Lomba Tari Tradisi Kreasi( 150 K)
- Lomba Sketsa

12 MEI 2017
- Pertunjukan Seni
- Closing Ceremony

Persyaratan
Hanya untuk usia 16 - 25 tahun.
Untuk pendaftaran dan Info lebih lanjut silahkan hubungi CP.
Humas UKS Unand :081270674250
Panitia Alek:
0821-7699-9865
Sosial Media:
Facebook: Unit Kegiatan Seni Universitas Andalas
Twitter: @UKS_Unand
Line: UKS_Unand
BBM: 5C67DB7A