21 Februari 2017

Padang- Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Universitas Andalas sambut hangat kunjungan dari mahasiswa Management and Science University (MSU) Collage Malaysia di Ruang Seminar Gedung I Kampus Limau Manis Padang pada Selasa (21/02) pagi.

Prof. Dr. Ir. Hermansah,MS.,M.Sc dalam sambutannya mengatakan bahwa silaturahmi yang baik ini harus terus di jalin dengan Universitas yang berada di luar negri.

ia juga mengatakan dengan memilih Indonesia dan Universitas Andalas menjadi destinasi lawatan MSU Collage tahun ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami.

"Kunjungan dari MSU Collage ini merupakan kunjungan berikutnya dari Universitas Malaysia setelah adakan kerjasama dengan Universiti Teknologi Mara Malaysia pada April 2016 yang lalu" tambah Ayah sapaan akrab Wakil Rektor III Unand.

Kunjungan ke Indonesia khususnya Sumatera Barat ini dilaksanakan tiga hari, setelah hari pertama mengunjungi daerah wisata Bukittingi selanjutnya di hari kedua MSU Collage mengunjungi Universitas Andalas.

Sambutan hangat dengan tari Pasambahan dari tim Unit Kegiatan Seni (UKS) Unand menambah keakraban yang terjalin selama acara kunjungan berlangsung.

Kegiatan yang bertujuan menjalin silaturahmi antara Universitas Andalas dengan MSU Collage Malaysia menjadi kebanggan tersendiri bagi BEM KM Unand Kabinet Sinar dalam menutup tahun kepemimpinan Edi Kurniawan selaku Presiden BEM KM Unand periode 2016-2017.

 

Bidang Kemahasiswaan

21 Februari 2017

Padang-Sebagai wujud kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan dalam rangka pengurangan resiko bencana, Unit Kegiatan Mahasiswa Komite Siaga Bencana Mahasiswa Universitas Andalas (UKM Kosbema Unand) mengelar aksi penanaman pohon pada Sabtu (18/2) di Desa Sungkai Permai Kelurahan Lambuang Bukik Kecamatan Pauh Kota Padang.

“Alhamdulillah telah dilaksanakan kegiatan penanaman pohon di Desa Sungkai Permai Kelurahan Lambuang Bukik. Penanaman pohon ini merupakan salah satu agenda BBMK Kosbema Unand pertemuan ke-3. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud pengabdian kita kepada masyarakat dalam hal pengurangan risiko bencana”ucap Dano Yostasi Ketua Kosbema Unand. 

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dibuka langsung oleh Pembina Kosbema Unand Abdul Hakam, MT, PhD didampingi oleh Prof. Dr. Bambang Istijono, ME dan Bayu Martanto Adji, MT serta dihadiri juga oleh Bapak Lurah, Ketua Kelompok Tani dan Kelompok Tani Desa Sungkai Permai. 

Ia menambahkan bibit yang ditanam terdiri dari 300 buah dari bibit pinang, durian, sirsak dan mahoni. Penanaman pohon dilakukan oleh peserta BBMK Kosbema, anggota Kosbema, anggota Kelompok Tani Desa Sungkai Permai serta ada juga WNA yang ikut bergabung membantu dalam penanaman pohon. Terdapat 3 titik penanaman pohon, yaitu di tepi-tepi jalan, di tepi sungai dan di bukit. 

Sementara itu Pembina Kosbema Unand Abdul Hakam MT, PhD dalam sambutannya bahwa harapannya dengan adanya penanaman pohon ini, dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Desa Sungkai Permai serta dapat mencegah bencana seperti terjadinya longsor dan banjir ketika hujan deras, selain itu dapat menyimpan cadangan air dalam tanah dan semoga dapat memberikan banyak pengalaman serta pelajaran bagi peserta BBMK dan anggota Kosbema Unand. (Info : Kosbema dan Humas Unand)

Bidang Kemahasiswaan

21 Februari 2017

Padang-Unit Kegiatan Seni (UKS) Universitas Andalas (Unand) mengadakan pementasan kesenian bulanan yang diberi judul Samek pada Kamis (16/02) di Ruang Tengah Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Unand Kampus Limau Manis.

Samek merupakan singkatan dari Saketek tapi Kamek. Pementasan Samek kali ini merupakan pementasan kedua. Pementasan pertama diselenggarakan pada bulan Desember 2016, karena pada bulan Januari 2017 Unand melaksanakan libur semester ganjil, pementasan dipindah alihkan ke bulan Februari.

“Pementasan Samek merupakan wadah yang sangat bagus bagi kami untuk menampilkan hasil latihan serta meng-upgrade mental panggung khususnya bagi anggota baru UKS Unand” ujar Alfurqanul Hakim selaku Ketua Umum UKS Unand.

Penampilan yang dipentaskan pada Samek ini diantaranya solo song, duet, vocal group, dramatisasi puisi, musikalisasi puisi, akustik, band, dan modern dance.

“Pada kesehariannya kegunaan samek sangat penting, begitupun maksud pementasan ini. Kecil, tetapi besar manfaatnya” tambah Hakim. (Info : UKS Unand )

Bidang Kemahasiswaan

20 Februari 2017

Padang- Wakil Rektor III Universitas Andalas lantik kepengurusan baru Unit Kegiatan Seni Universitas Andalas (UKS Unand) pada Jumat (17/02) di ruang Seminar Lantai 1 Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Unand.

Prof. Dr. Ir. Nuraini,M.S selaku Pembina UKS Unand Periode 2016/2017 dalam sambutannya mengatakan merasa bangga kepada UKS Unand yang telah dibinanya selama 10 tahun ini, begitu banyak prestasi yang telah di capai UKS Unand dalam mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam bidang seni.

ia juga menambahkan prestasi yang telah di capai UKS Unand selama 1 dekade ini sudah membuat harum nama Unand di tingkat Regional, Nasional bahkan Internasional.

Prof.Dr.Ir. Hermansah,MS.,M.Sc selaku Wakil Rektor III Universitas Andalas juga menegaskan prestasi yang diraih oleh UKS Unand selama ini harus terus ditingkatkan dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang bertaraf Nasional dan Internasional.

“Unit Kegiatan Mahasiswa di Universitas Andalas terutama UKS juga akan saya tantang untuk menebar prestasi di tingkat Nasional, Kepengurusan UKM yang mendapatkan 10 Prestasi di Tingkat Nasional dalam satu periode Kepengurusan juga akan mendapat reward yang setimpal” tambah ayah sapaan akrab Wakil Rektor III Unand ini.

Kepengurusan UKS Unand 2016/2017, diketuai oleh Ketua Umum Alfurqanul Hakim. Ketua Departemen Keorganisasian Abdi Musra, Kadiv Administrasi Deaa Aisha Irzal, Kadiv Keuangan Ninsi Fridayani, Kadiv Humas Reyhan Alfarabby Pratama, Kadiv SDM F.M. Habibi Tanjung, Kadiv Pemasaran Ade Welly Putra, Kadiv Rumah Tangga Adli Setiawan. Ketua Departemen Seni Weldi L, Kadiv Vokal Rasra Delwangga, Kadiv Teater Najla Arina Sevri, Kadiv Musik Muhammad Fadly, Kadiv Tari Florenthi Meitria, Kadiv Seni Rupa Teguh Dwi Satrio. (Reyhan)

 

 

Bidang Kemahasiswaan

 

20 Februari 2017

Padang-Sebanyak 250 Mahasiswa Universitas Andalas (Unand) ikuti ujian Olimpiade Nasional Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) tingkat Universitas pada Sabtu (18/02) di Gedung A Unand.

Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS., M.Sc selaku ketua panitia Pelaksanaan ON MIPA tahun 2017 mengatakan ON MIPA tahun 2017 selain diminati oleh fakultas MIPA juga diikuti oleh mahasiswa dari lintas Fakultas di Universitas Andalas seperti Fakultas Teknik, Fakultas Farmasi, Fakultas Kedokteran dan Fakultas lainya.

Ia juga menambahkan 250 Mahasiswa yang mengikuti ujian ON MIPA kali ini akan di saring dalam 14 Mahasiswa terbaik dari masing-masing bidangnya yang akan di umumkan pada Jumat (24/02) ini.

Ujian ON MIPA yangdi perlombakan terbagi akan empat bidang lomba yaitu Bidang Matematika, bidang Fisika, Bidang Biologi dan Bidang Kimia.

Hasil Ujian tahap I ini akan di umumkan melalui web kemahasiswaa.unand.ac.id pada jumat (24/02). Selanjutnya peserta yang lolos akan kembali melaksanakan ujian tahap II pada 04 Maret 2017 dan Hasilnya akan menjaring 7 mahasiswa terbaik akan mewakil Unand dalam lomba ON MIPA tingkat Wilayah dan Nasional yang di umumkan pada tanggal 06 Maret 2017.

 

Bidang Kemahasiswaan

20 Februari 2017

Padang-Batalyon 101 Mahawira Resimen Mahasiwa (Menwa) Universitas Andalas (Unand) sebagai pelaksana Apel Gabungan Kedua Resimen Mahasiswa Pagaruyung Sumatera Barat (Men Maharuyung) yang kali ini diadakan di Universitas Andalas. Apel Gabungan ini dilaksanakan di depan Auditorium Universitas Andalas Kampus Limau Manis pada Sabtu (18/2) dan dihadiri oleh perwakilan personil aktif beserta senior resimen mahasiswa yang tersebar diseluruh bagian di Provinsi Sumatera Barat.

Komandan Batalyon 101 Mahawira Universitas Andalas, Afrijal Efendi mengatakan apel gabungan ini dilaksanakan secara rutin dan bergilir oleh Resimen Mahasiswa Sumatera Barat. Dan pada hari ini Resimen Mahasiswa Batalyon 101 Mahawira Universitas Andalas adalah sebagai pelaksana apel gabungan.

Apel gabungan ini kali ini dihadiri oleh Wakil Komandan Resimen Mahasiswa Pagaruyung Sumatera Barat  beserta jajaran Ikatan  Alumni Resimen Mahasiswa Sumatera Barat (IARMI), Wakil Rektor III Universitas Andalas dan undangan lainnya.

Ia menjelaskan tujuan dilaksanakannya apel gabungan ini adalah untuk menjalin silaturahmi antar Resimen Mahasiswa Sumatera Barat serta sebagai ajang berdiskusi dan sharing terkait dengan program-program Menwa yang dilaksanakan di masing-masing kampus. Apel gabungan ini dihadiri oleh beberapa satuan yang berada di Sumatera Barat diantaranya satuan Maha Bhakti dari UNP, Maha Sakti (IAIN Imam Bonjol), Maha Praja (IPDN), Maha Jaya Sakti (UNES), Satuan Dewantara (TAMSIS), dan STIFARM..

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas Andalas, Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, MSc ditemui tim Humas usia pelaksanaan apel gabungan menyebutkan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Menwa Sumbar dalam meningkatkan kesehatan karena dengan berlatih secara rutin akan membuat daya tahan tubuh semakin tinggi. Dengan tubuh yang sehat tentu akan terdapat fikiran yang sehat, dengan pikiran yang sehat penanaman nilai-nilai pendidikan formal maupun pendidikan karakter tentu akan dapat diterima dengan baik.

Ia mencontohkan saat ini generasi mudah harus mengetahui nilai-nilai sejarah dan perjuangan bangsa. Kedepannya generasi mudah juga harus tahu bagaimana cara memperjuangkan dan mempertahankan NKRI ini, untuk itu melalui Menwa inilah generasi muda dibentuk jiwa kedisiplinanya.

Pada apel gabungan ini juga dilaksanakan penampilan PBB variasi dari Menwa UNP, beladiri militer, atraksi turun tali dan linda motor oleh menwa Unand. Acara ditutup dengan senam komando. (Humas)

Bidang Kemahasiswaan

14 Februari 2017

Padang – Badan Pemilihan Umum Raya Keluarga Mahasiswa Universitas Andalas (BPU KM UNAND) gelar Pemilu Umum Raya (PEMIRA) tahun 2017 pada selasa (14/02) di Kampus Limau Manis Universitas Andalas.

Pemira tahun 2017 ini  menyediakan sebanyak 23.145 surat suara untuk seluruh mahasiswa di Lingkungan Unand dan dengan membuka 46 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ruhan Masykuri selaku ketua BPU KM Unand mengatakan hasil pemungutan suara akan di umum kan 3 hari yang akan datang tepatnya pada jumat (17/2).

Ia juga menambahkan  dengan di Gelarnya Kampanye Akbar pada Jumat  (10/02) yang lalu di harapkan minat dan partisipasi pemilih tahun ini dapat meningkat dari tahun lalu dengan target capaian 70% dari data pemilih yaitu sebanyak 15.000 pemilih.

Secara terpisah Wakil Rektor III Unand Prof.Dr.Ir. Hermansah,MS.,M.Sc juga mengatakan siapapun yang terpilih nantinya  adalah hasil terbaik untuk dapat memajukan kegiatan kemahasiswaan satu tahun yang akan datang di Unand.

Pemira tahun ini diikuti oleh 10 orang Calon DPM dan tiga pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil President (Cawapres) BEM KM Unand. Ada pun Tiga pasang Capres dan Cawapres periode 2017-2018  adalah pasangan no urut satu yaitu M.Irvan dari Fakultas Pertanian dengan Wahyu Alfath Firdaus dari fakultas Farmasi, Pasangan nomor urut dua yaitu Nurul Fikri dari Fakultas Teknologi Pertanian dengan Rendi Afrinaldi dari Fakultas MIPA dan Pasangan nomor urut tiga Surya Dwi Putra dari Fakultas Teknologi Informasi dengan M. Ariful Fikri dari Fakultas Keperawatan.

 

Bidang Kemahasiswaan

14 Februari 2017

Padang – Universitas Andalas (Unand) dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) tanda tangani nota kesepahaman pada selasa (14/02) siang di Aula Convention Hall Unand.

Penandatangan nota kesepahaman ini disaksikan langsung oleh Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, P.Si, M.Sc selaku Gubernur Sumatera Barat .

Dr. Tafdil Husni, SE, MBA dalam pidato pembukaan Penandatangan nota kesepahaman bersama Kepala BKKBN Pusat ini, mengatakan bahwa generasi berencana yang merupakan program utama dari BKKBN dimulai dari mahasiswa.

Ia juga mengatakan mahasiswa merupakan kader dari generasi berencana yang bukan hanya sekedar mengendalikan populasi penduduk saat ini, juga merupakan kader dalam meningkatkan kualitas penduduk di Indonesia.

Penandatangan Nota Kesepahaman yang dilanjutkan dengan Kuliah Umum bertemakan Pembangunan berwawasan Kependudukan yang diberikan langsung oleh Kepala BKKBN Pusat yaitu dr.Surya Chandra Surapaty,MPH.,Ph.D di moderator langsung oleh Wakil Rektor III Unand yaitu Prof.Dr.Ir. Hermansah,MS.,M.Sc.

dr. Surya Chandra Surapaty,MPH., Ph.D selaku kepala BKKBN pusat juga menegaskan bahwa masalah populasi di dunia ini bukan hanya sekedar menjadi isu kita semua, tapi bagaimana sebagai mahasiswa harus ikut berpartisipasi dalam menciptakan generasi yang berkualitas.

“Ada beberapa hal yang harus kita kedepankan dalam menghadapi isu kependudukan yang tengah terjadi saat ini, yaitu tujuan yang bukan sekedar melakukan pertumbuhan ekonomi tapi dengan memajukan kesejahteraan umum dan dapat mengontrol populasi dari penduduk dunia” tambah Kepala BKKBN pusat ini.

Pada saat ini dengan jumlah penduduk 255 juta  di Indonesia, Indonesia menjadi Negara penduduk terapadat peringkat empat di dunia.

 

Bidang Kemahasiswaan

13 Februari 2017

Padang- Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Universitas Andalas (Unand)  Gelar Kampanye Akbar dalam rangka menyambut Pemilihan Umum Raya (PEMIRA) KM Unand 2017 pada kamis (9/2) siang di Kolam Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Unand.

Dalam sambutannya Prof.Dr.Ir Hermansah,M.S., M.Sc selaku Wakil Rektor III Unand mengatakan dengan digelarnya PEMIRA tahun 2017 ini dapat terpilih Kandidat terbaik yang memimpin BEM KM Unand satu tahun yang akan datang.

Ia juga mengatakan dengan bentuk demokrasi yang sudah dimulai dari mahasiswa seperti ini akan memberikan pengalaman dan membentuk mahasiswa di Universitas Andalas mampu untuk menjadi Pemimpin di masa yang akan datang.

“Calon pemimpin mahasiswa harus mampu bersaing secara fair dalam berdemokrasi, Dengan memiliki Knowladge Skill, mampu berkomunikasi dengan baik, memiliki jiwa entrepreneur dan memiliki karakter yang religius dapat menjadi kriteria yang baik dalam memilih pemimpin BEM KM Unand” tambah Ayah, sapaan akrab Wakil Rektor III Unand.

 Kampanye Akbar yang di gelar hingga sore hari memperlihatkan kemampuan berorasi dan menyampaikan visi serta misi dari Dewan Perwakilan Mahasiswa juga Tiga Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden  periode tahun 2017-2018.   

Pemira yang akan digelar hari selasa (14/02) memperebutkan Kursi Capres dan Cawapres oleh Tiga pasangan kandidat. Tiga pasang Capres dan Cawapres periode 2017-2018  adalah pasangan no urut satu yaitu M.Irvan dari Fakultas Pertanian dengan Wahyu Alfath Firdaus dari fakultas Farmasi, Pasangan nomor urut dua yaitu Nurul Fikri dari Fakultas Teknologi Pertanian dengan Rendi Afrinaldi dari Fakultas MIPA dan Pasangan nomor urut tiga Surya Dwi Putra dari Fakultas Teknologi Informasi dengan M. Ariful Fikri dari Fakultas Keperawatan.

 

 

Bagian Kemahasiswaan.

13 Februari 2017

Padang – Universitas Andalas mengundang Dr. Alex Denni, Senior Excecutive Vice President (SEVP) of Human Capital PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sebagai narasumber dalam kuliah umum kewirausahaan dengan tema “Life After Graduated” pada Jumat (10/02) di Convention Hall Universitas Andalas.

Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA menyatakan life after graduated merupakan kehidupan mahasiswa setelah lulus yang kualitasnya tergantung dari apa yang telah dilakukan dari sekarang. Setelah lulus kuliah tidak hanya mencari kerja tapi juga membuka lapangan pekerjaan, oleh karena itu tidak hanya mempersiapkan akademik tapi juga ditunjang dengan soft skill. 

Dr. Alex Denni dalam kuliah umumnya mengatakan pada tahun 2015 tercatat sebanyak 8.300.000 pengganguran yang ada di Indonesia dan 400.000 diantaranya adalah sarjana. Saat ini kehidupan sangat dipengaruhi oleh teknologi informasi, sehingga ketika kita tidak mampu bersaing maka akan tersingkir dalam kompetensi. 

 “Ilmu yang kita peroleh sekarang tidak relevan tapi perilaku untuk memperoleh ilmu itu yang penting”ucapnya. 

Oleh karena itu menurutnya lulusan baru mempunyai kapasitas yang lebih besar karena mereka telah dilatih memecahkan masalah yang belum terjadi dengan menggunakan teknologi yang belum diciptakan. 

Ia juga menjelaskan perekonomian Indonesia saat ini berada pada posisi 16 dengan pendapatan terbesar di dunia sehingga jumlah job seeker yang masuk ke Indonesia lebih tinggi. Sementara global talent index Indonesia kalah dengan negara lainnya. Hal ini tentu saja disebabkan karena kemampuan mengekspor knowledge talent Indonesia ini masih rendah.

Salah satu track agar kita siap berkompetensi setelah graduation ini adalah mempersiapkan diri sebagai professional worker

Knowladge talent setelah graduation memiliki kesempatan untuk bergabung dengan perusahaan yang mereka inginkan. Ia mengatakan bahwa sebelum itu kita juga perlu untuk mengenali dan mempelajari informasi mengenai perusahaan tersebut.

Menurut Dr. Alex Denni yang perlu dilakukan pada masa life after graduate ini adalah never stop learning. Karena dunia akan terus berubah, untuk kita perlu terus belajar karena ilmu yang kita peroleh sebelumnya mungkin tidak relevan lagi ketika terjadi perubahan.  

Selain itu kita juga harus prepare and get ready, selalu siap ketika ada peluang yang hadir oleh karena itu kita harus terus berlatih mengasah potensi-potensi yang ada.

Selanjutnya adalah enter anywhere go everywhere, sebagai knowledge talent kita bebas memilih track mana yang kita inginkan dan berusaha menjadi yang terbaik dimanapun berada. 

Humas dan Protokol Unand